Kebiasaan Mandi Orang Jepang




Orang jepang yang setiap harinya melakukan kegiatan yang sangat padat, tidak punya banyak waktu untuk hal-hal yang mereka anggap kurang penting. Untuk bersosialisasi dengan teman sekolah, teman kantor ataupun keluarga mempunyai waktu tersendiri. Apalagi untuk kebiasaan mandi orang jepang yang hanya dilakukan sekali dalam sehari yaitu pada malam hari saja, berbeda dengan Indonesia yang biasanya mandi dua sampai tiga kali dalam sehari yaitu ketika pagi, siang dan sore atau pagi dan sore saja. Kebisaan mandi pada malam hari bagi kebanyakan orang Indonesia dianggap aneh, dikarenakan malam hari waktunya untuk istirahat jadi mereka menganggap tidak perlu mandi sebelum tidur, cukup hanya mencuci muka dan sikat gigi selain itu juga mandi pada malam hari dapat mengakibatkan kedinginan atau kurang baik bagi kesehatan. Di jepang sendiri waktu malam hari dianggap waktu yang sangat baik untuk mandi karena seharian mereka berada diluar rumah terkena kotoran, debu keringat  dll sehingga ketika selesai mandi mereka merasa badan mereka terasa segar kembali, dan rasa capek pun bisa hilang dengan berendam air panas di ofuro selain itu dengan berendam air panas membuat pori-pori kulit terbuka dan kulit menjadi halus. Dan ketika pagi hari mereka tidak perlu mandi lagi karna badan mereka masih bersih setelah mandi semalam.

                Suatu budaya akan menyesuaikan dengan keadaan sekitar, lingkungan maupun norma yang berlaku di tempat tersebut. Factor yang sangat mempengaruhi perbedaan ini adalah perbedaan suhu. Jika di Indonesia beriklim tropis dan suhunya berkisaran 20 – 30 derajat celcius lebih, tergantung keadaan tiap daerah namun kebanyakan mengalami cuaca panas, sehingga untuk mandi sekali dalam sehari dan berendan air panas dalam onsen sangat jarang sekali dipraktekkan. Dan di jepang yang ketika musim dingin, Suhu di daerah Tokyo pada musim ini rata rata berkisar 5 derajat Celsius, sedangkan di daerah utara seperti Hokkaido bisa sampai 0 derajat Celcius, bahkan di bawahnya.
Sifat  malu bangsa Indonesia menjadi faktor lain pembeda kebiasaan mandi orang jepang dan Indonesia, jika diharuskan mandi bersama sama tanpa busana. Karena di Indonesia sendiri Agama masih berperan penting dalam setiap tingkah laku dan norma di masyarakatnya yang masih sangat kuat.


Tempat-tempat mandi bersama di jepang



-          Kamar Mandi Rumah
Rumah orang jepang saat ini sebagian besar sudah terdapat ofuro yang muat untuk beberapa orang, sehingga ketika akan mandi lebih banyak mengajak anak-anaknya untuk mandi bersama, tapi walaupun mandi bersama, sebelum masuk ofuro badan harus dibersihkan terlebih dahulu sehingga air dalam ofuro tidak kotor.
Karena suhu udara di jepang sangat dingin disbanding di Indonesia, ketika berendam mereka selalu menggunakan air panas.  Pada ofuru sudah ada alat pengatur suhu, jadi bisa disesuaikan dengan suhu keinginan kita. Dan ketika air dalam ofuru mau digunakan lagi hanya tinggal dipanaskan kembali. Jangan heran juga jika orang jepang menggunakan air bekas dalam ofuro untuk mencuci baju, karena ini sudah menjadi hal biasa. Orang jepang menganggap air bersih sama dengan uang, jadi mereka sangat menghemat penggunaan air bersih dan tidak membuang buang air bersih. Kalau kita membuang air bersih sama halnya dengan kita membuang buang uang.


-          Sento
Pemandian umum ini dulunya ada karena masih banyak orang jepang yang tidak memiliki ofuro sendiri di rumahnya. Namun walaupun sekarang ini setiap rumah sudaah mempunyai ofuro tak jarang orang orang tetap pergi ke sento, hal ini dilakukan untuk bersosialisasi dengan tetangga. Sento  banyak dijumpai disekitar pemukiman warga, jadi gampang sekali menemukannya.


-          Onsen
Onsen adalah pemandian umum sama halnya seperti sento, hanya aja di onsen air panasnya biasanya langsung dari sumber air panas pegunungan dan tempatnya yang berada di sekitas gunung. Di sebagian onsen sekarang ini tidak hanya menyediakan fasilitas pemandian air panas tapi juga penginapan dan tempat makan. Di onsen tempat laki laki dan perempuan terpisah walaupun ada juga yang campur. Kebanyakan yang datang ke tempat pemandian pemandian ini adalah orang tua, jarang sekali adanya anak sekolah datang kesini.



Sedikit informasi dari saya ini semoga dapat menjadi sumber informasi bagi teman2, konkai no kenkara oredachi ga yaru deki kyokkun wa (pelajaran yang bisa kita ambil disini) kebiasaan mandi orang jepang mungkin terlihat merepotkan namun pengaruh bagi tubuh sendiri cukup banyak antara lain pembersihan tubuh akan lebih maksimal dibandingkan  mandi dengan tergesa2 yang penting tubuh basah saja, kebiasaan mandi bersama tentu juga dapat mempererat hubungan sosial antara individu satu dengan yang lain namun jika dipraktekan secara luas di Indonesia tentu sebagian besar orang akan merasa risih karena adat istiadat di Indonesia yang sangat erat, Sankyu!!

No comments

NJKganbare. Powered by Blogger.